Pendidikan merupakan suatu hal yang urgen dalam kehidupan
manusia. Terlebih pada masa kini, pendidikan merupakan sebuah kebutuhan
utama bagi manusia. Dunia pendidikan dituntut untuk lebih memberikan
konstribusi yang nyata dalam upaya meningkatkan kemajuan bangsa. Tidak
hanya itu, dunia pendidikan pun dituntut untuk membentuk manusia yang
berahlak mulia, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab, yang semuanya
itu didasarkan atas ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pendidikan itu mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk
interaksi individu dengan lingkungannya. Sekolah merupakan salah satu
lingkungan terdekat dengan siswa yang banyak mempengaruhi kognitifnya
dan tentunya hal ini dilakukan dengan adanya proses belajar yang aktif,
efektif dan menggairahkan.
Di Indonesia terdapat banyak sistem pendidikan, semuanya merupakan
subsistem dari sistem pendidikan nasional. Di antara sistem pendidikan
yang populer di masyarakat adalah sistem pendidikan umum dan sistem
pendidikan Islam. Sistem pendidikan umum mengambil bentuk sekolah yang
lulusannya unggul dalam bidang teknologi dan pengetahuan, sedangkan
pendidikan Islam mengambil bentuk madrasah yang lulusannya unggul dalam
bidang iman dan taqwa.
Madrasah pada masa awal didirikannya lebih menekankan kepada aspek
moral dan spiritual, tidak mementingkan ijazah dan tidak ditanamkan
cita-cita kepada lulusannya untuk menjadi pegawai. Orientasi pendidikan
dikembangkan lebih ditujukan untuk menuntut ilmu sebagai bentuk ibadah
Allah agar mendapat ridha-Nya. Seiring dengan perubahan zaman, terutama
pasca kemerdekaan, pemikiran untuk mengembangkan Madrasah terus menerus
dilakukan oleh pemerintah (Kementerian Agama) dan masyarakat. Kebutuhan
masyarakat Indonesia Khususnya masyarakat muslim terhadap madrasah yang
dapat menghasilkan anak didik yang berilmu pengetahuan tinggi dan
beragama kuat serta memiliki karakter (akhlak yang terpuji) semakin
meningkat.
Lembaga madrasah tidak dapat digantikan dengan lembaga-lembaga
lainnya, karena madrasah mempunyai visi, misi dan karakteristik yang
sangat spesifik didalam masyarakat maupun kelembagaannya, baik dilihat
dari kebudayaan, sosial politik maupun ekonomi
Menurut sejarah dan perkembangan Dari masa awal Islam hingga masa
sekarang dengan model-model madrasah terbaru yang ditawarkan, maka
dapatlah dikatakan madrasah merupakan lembaga pendidikan yang lahir
dari, oleh dan untuk masyarakat. Lebih jauh Abdul Rahman Shaleh
memposisikan Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islami, populis, dan
berkualitas, lembaga pendidikan yang tafaquh fiddin, lembaga pendidikan yang menggunakan school based management
terbuka sesuai tuntutan dan perkembangan masyarakat yang semakin
demokratis, Lembaga pendidikan yang berorientasi pada kualitas lulusan
memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi dan iman taqwa.
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Balaraja adalah salah satu dari sekian
banyak Madrasah di Indonesia dan tentu salah satu Madrasah yang terdapat
di Kab. Tangerang (di Balaraja) yang secara terus menerus melanjutkan
estapet perjuangan umat Islam khusunya masyarakat Indonesia umumnya
yakni dalam rangka menciptakan manusia yang memiliki tanggung jawab atas
diri, bangsa, Negara dan memiliki jiwa mulia untuk meneruskan
kepemimpinan yang bersih professional dan berakhlakul karimah.
Alhamdulillah, memasuki usianya yang ke-16 (berdiri sejak tanggal 25
November 1995), MAN Balaraja Kab. Tangerang semakin mengokohkan dirinya
sebagai madrasah yang bisa diperhitungkan dalam kancah fastabiqul khoirot
dunia pendidikan, baik di tingkat kab. Tangerang maupun tingkat
provinsi Banten. Pada hakikatnya itu semua adalah berkat karunia dari
Allah SWT. Allah yang menentukan itu semua bisa tercapai. Sedangkan
wasilahnya adalah karena kerja keras dari semua pihak, terutama segenap
pimpinan, guru, pegawai, dan siswa MAN Balaraja Kab. Tangerang yang
bersinergi satu sama lain tanpa mengenal lelah serta partisipasi dari
stakeholder MAN Balaraja dalam hal ini masyarakat Balaraja.